Cinta Yang tergadaikan

 Cinta yang tergadaikan

Oleh: Nana_Chyintia
“telah aku gadaikan cinta yang selama ini aku jalani dengan dia. Wanita pilihanku.”

   langit seakan tahu apa yang aku rasakn saat ini. Hujan yang membasahi bunga dan rumah semut, tak sebasah air mata yang mengaliri pipiku. cinta sangat jahat bagi orang-orang yang tak mampu sepertiku ini, seperti mereka orang-orang kaya cinta dapat dibeli dengan harta. Cinta, andai aku tahu kamu akan melukai hatiku sedalam ini, aku... Tidak akan mendekatimu. Mengharapkan sebuah kebagiaan dari sebuah ketidak nyamanan.
Ruangan sebesar ini sempit seketika, entah akan aku luapkan ke siapa kemarahanku. Seseorang yang aku cintai tepat dihari ini mengihklar janji dengan pria yang dijodohkan keluarganya.
***
Namanya Tria dia seorang pelajar di salah satu kampus Surabaya dan aku, panggil saja Agus. Aku mengenal wanitaku sejak duduk di bangku SMA kelas 1, awalnya dia yang mengejarku dan aku tidak  jatuh cinta sama sekali dengannya. Dia selalu mengikutiku, dari aku pulang sekolah sampai pulang  les. Pikirku kerena kami satu kelas, mungkin hanya sebuah kebetulan. Tetapi, semakin hari dia semakin berani dari mengirim surat, dan beberapa coklat di laci mejaku. Beberapa bulan aku melihat tingkahnya, aku mulai tertarik jatuh hati kepadanya. Kami terus bersama berangkat dan pulang sekolah aku mengantar, menjemputnya. Dari kelas 1 sampai kelas 3 aku dan Tria berada di kelas yang sama, entah kebetulan atau takdir tuhan akupun tidak mengerti.

 Setelah lulus sekolah, aku mengenalkan Tria ke ibuku. Ibuku sangat baik menyambutnya, selang  beberapa hari ibu membicarakan Tria, ibu menanyaiku “apakah aku serius dengan Tria” aku diam  lalu aku balik bertanya, “apakah ibu tidak menyukai wanitaku” ibuku balik terdiam. Ahh...  Senyaman nya kita dengan wanita, di adat ku Jawa tetap memakai cocok tidaknya menurut neton  lahir. Di keluargaku memang masih mempercayai seperti itu, ibu mengatakan aku tidak cocok  dengan Tria karena neton itu.
Padahal ibu dari Tria sangat menyetujui hubungan kami.
***
  Hempasan angin yang begitu dingin menemani sebuah rasa penyesalanku. Seorang laki-laki yang tidak berguna, tidak bisa berbuat apa-apa di saat wanitaku di pinang oleh anak teman ayahnya. Ayahnya yang baru kembali dari Malaysia  telah merencanakan perjodohan anaknya dengan anak temannya. Awalnya Tria menolak,  memberontak, sampai menyuruhku pulang dan membawanya kabur dari rumah. Dan aku yang  sedang merantau di negeri Formosa tidak bisa berbuat apa-apa. Apa yang aku punya! Sampai beraninya aku membawa kabur anak orang, sedangakan aku masih belajar mencari uang. 

  Wanitaku resmi menyandang istri orang yang tak dicintainya, demi keluarga dan ayahnya dia merelakan perasaannya tersakiti. Ingin sekali aku melepaskannya, merelakan dia bahagia bersama pilihan orang tuanya. Tetapi, hati ini masih memikirkannya bahkan Untuk memperjuangkan cinta kami pun sangat sulit.
Kesetiaanku tidak berhenti disini saja, Tria walaupun dia bukan lagi wanitaku dia masih memberiku  semangat. Janji kami selalu mencintai dalam keadaan apapun. 
*** 
 Hari ini adalah satu bulan pernikahanku, setelah kepulangganku dari Taiwan 2 bulan yang lalu. Aku bahagia dengan wanitaku yang saat ini, cintanya kepadaku melebihi cintanya wanitaku yang dulu. 

Cinta yang kami gadaikan selama 3 tahun, kini telah kami miliki. Setelah kepulanganku, aku  berkunjung kerumah Tria. Awalnya aku ingin membawa kabur Tria tetapi, aku urungkan niat hati ini. Aku dan tria meminta dengan tulus kerendahan hati suaminya agar merelakan kami bersatu dan  menceraikan Tria. Ayah Tria menolak permintaan kami, dan mengabaikan permintaan anak semata wayangnya  tapi kami terus bersujud dan memohon. Akhirnya hati mereka luluh dengan cinta kesetiaan kami. terima kasih Tuhan atas kesetiaan cinta yang kau beriakan kepada kami.

“cinta yang aku gadaikan, kini aku miliki dengan sebuah kesetiaan. Percayalah bahwa sebuah cinta dengan setianya akan memberikan sebuah kebahagiaan, yang sangat berharga.” 

                                     Chiayi, 29-January-2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cream RD Rinna Diazela

Wahana Bermain: JANFUNSUN FANCYWORLD

Wisata: Mountain Alishan Taiwan